[TRAVELING] LIBURAN AKHIR TAHUN 10 HARI DI BALI part. 5 EXPLORE NUSA PENIDA

Yasss! sampai juga di penghujung trip liburan akhir tahun kami, menuju Nusa Penida.

udah kebayang-bayang Klingking Beach

Kami checkout dari hotel tempat kami menginap di Sanur jam 06.00 pagi. Ransel kami yang segede-gede pohon itu, kami titipkan di hotel, nanti diambil waktu kami pulang.

Dari hotel, kami naik taksi yang mangkal depan hotel menuju pelabuhan Sanur sekitar 10-15 menit. Lalu beli tiket kapal yang menuju Nusa Penida yang dijadwal jam 07.30, tapi loket tiketnya baru dibuka jam 07.00.

Waktu antri tiket ini, ngeselin. Karena ngga ada sistem antrian, semua orang nyerobot dan petugasnya ngebiarin aja. heuu, siapa yang kuat dan berani maju itulah yang dapetnya cepet.

Kami ke Nusa Penida dibantu arrange sama warga lokal namanya Bli Dayat, no kontaknya 0818 0536 8682. Buat teman-teman yang mau ke Nusa Penida, silahkan hubungi beliau. Orangnya baik sekali, cepat responnya, dan akomodatif. Trip kami ini per orangnya biayanya sekitar 675.00 untuk 2 hari 1 malam (include penginapan, sewa motor, dan snorkeling dengan public boat, serta tiket PP Sanur-Nusa Penida)

Perjalanan menuju Nusa Penida dari Sanur sekitar 45 menit-1jam. Sampai di Nusa Penida, kami langsung ke penginapan menggunakan motor yang sudah kami sewa untuk 2 hari.

ini penginapan kami selama 2 hari 1 malam..

Setelah beberes, kami melanjutkan untuk explore Nusa Penida bagian barat yaitu ke Pantai Klingking, Angels Bilabong dan Broken Beach. Sesungguhnya 2 hari 1 malam masih kurang untuk menjelajahi Nusa Penida. Jarak antara satu lokasi ke lokasi lainnya jauh dan harus ditempuh 1-1,5 jam, membuat habis waktu di jalan. Juga keadaan jalan yang masih belum semuanya di aspal. Biar ngga nyasar, jangan lupa download maps offline ya, karena di Nusa Penida ngga ada sinyal kakak.

Tapi perjalanan yang sulit, membuat kita tercengang waktu sampai di lokasi. Gila sih, gapapa lah tadi jalannya kaya gitu..

Klingking Beach
Sebenarnya kalau turun ke Klingking Beach itu bagus banget pantainya. Tapi untuk turun harus melewati tangga yang banyak dan memakan waktu 30-45 menit sekali jalan. Kami udah kesorean sampai disini, jadi memutuskan untuk ngga turun.

Broken beach

Hari kedua di Nusa penida, pagi kami sudah siap untuk snorkeling jam 08.00. Lokasi snorkeling ada 3 yaitu Manta spot, gamat bay, dan cristal bay.

Ternyata, perjalanan tidak semudah bayangan. ombak besar dan tinggi. Berasa banget kepental-pental di kapal, udah baca-baca doa semoga selamat.
Sampai di manta spot, ombak masih gede dan arus juga kencang. Tapi maksa turun.
Hasilnya apa? manta ngga dapet, kepala pusing dan mabok iya.

Ngga sedih sih ngga ketemu Manta, namanya juga hewan liar. Cuma ngga nyangka aja ombak nya sebegitunya. Akhirnya di spot kedua dan ketiga, turun snorkeling juga seadanya. Ngga ngambil foto karena badan udah ngga enak. Cuma pengen pulang ke hotel.

Akhirnya trip Nusa Penida ini berakhir, kami kembali ke hotel jam 11-an siang. Beberes dan packing, jam 13-an sudah di pelabuhan menuju kembali ke Sanur.

Sampai di Sanur, kami langsung menuju Kuta, penginapan terakhir kami. Menjelang tahun baru, jalanan sudah ramai dan banyak yang ditutup, alhamdulilah kami sampai hotel dimana jalanan masih belum ditutup.

Malam pergantian tahun 2018, kami lewatkan dengan tidur. Badan udah rontok banget. Plus esok hari kami pulang ke Jakarta.
10 hari di Bali, masih kurang ya ternyata. Mungkin harus nge-kost dulu sebulan disini biar bisa ke semua tempat. hehe..

Terimakasih kepada kak Fitra yang sudah jadi bagian dari trip ini. Udah jadi sahabat yang bisa diandalkan untuk nyetir, untuk bantu bawa tas, untuk sharecost trip ini jadi ngga berasa mahal-mahal amat.
Akankah akhir tahun 2019 ini kita masih trip bertiga lagi? We'll see ya.

kenalin, ini kak Fitra.. cari aja ig-nya @fitrayuda

Semoga lima part cerita liburan akhir tahun di Bali ini bermanfaat.
Sampai jumpa di trip selanjutnya.