[REVIEW] Berbagai Pengalaman Ikut OPEN TRIP





Siapa yang udah pernah pakai jasa provider travel dan ikut open trip? Gimana pengalamannya?
Pasti pengalaman tiap-tiap orang beda ya dalam setiap perjalanan, seperti kami setiap ikut open trip pasti berbeda juga pengalaman yang didapat. Ada kelebihan dan kekurangannya sih ketika ikut open trip. 
Kelebihannya, yang pasti kita udah ngga perlu repot-repot mengatur dan merinci trip kita, tinggal serahin aja sama si provider. Kita tinggal bayar dan dari keberangkatan sampai kepulangan kita sudah mengikuti aja jadwalnya. 
Kekurangannya, dari perspektif pribadi sih kalau gue sih kadang masih suka punya ekspektasi tinggi terutama soal service dan fasilitas yang didapat. Kadang ngga sesuai yang gue inginkan, gitu.. jadi bawaannya pengen komplain aja terus. Padahal ya, ada harga ada fasilitas.
Nah, yang mau diceritain disini adalah pengalaman ikut Open Trip yang pernah kami ikuti ketika trip ke Krakatau, Pulau Pahawang, dan Pulau Pari. Kenapa yang mau dibahas di tiga trip ini? Karena dari tiga trip ini provider nya (menurut gue) kacau dan ngga rekomen untuk kita pakai lagi jasanya. Gue ngga akan menuliskan detail siapa provider trip nya, pakai inisial aja, kasian nanti doi ngga ada order lagi deh..
Pertama kali coba ikut Open Trip waktu itu mau ke Krakatau, setelah nyari sana-sini banyak yang penuh, akhirnya masih ada slot di si orang ini, (gue lupa nama provider nya) sebut aja namanya Pras. Menurut dia, kami adalah 2 orang peserta terakhir karena udah penuh slot untuk ke Krakatau. Sampai mendekati hari keberangkatan ngga ada kabar apa-apa tuh dari Pras, cuma diinfo berangkat kumpul di Slipi Jaya bahkan kami juga belum bayar DP pun. Kalau dilihat dari itenarary nya sih meyakinkan, namun ternyata pada saat hari keberangkatan sampai pulang, inilah daftar dosa yang dia lakuin :
-       Jumlah peserta trip yang dia janjikan hanya 35 orang, ternyata yang dating 100 orang
-    Transportasi menuju dan dari Krakatau memakai 1 bis yang 54 seat. Jadi 46 orang sisanya harus berdiri sampai Jakarta. Lalu bagaimana? Yaa siapa cepat dia dapat tempat duduk, dengan cara apa? BEREBUT berasa di arena hunger games deh.
-   Perlengkapan snorkeling yang dijanjikan ternyata jumlahnya sekitar 50an. Karena males berebut sama orang, akhirnya kami ngga dapet perlengkapan snorkeling.
-       Bayangkan, ketika sampai di tempat snorkeling, 100 orang turun bersama dari kapal. Apa lah yang bisa kita liat selain kaki-kaki yang nginjek terumbu karang. Hiksss..
-       Makannya gimana? Yaa ngantri gitu kaya lagi di tempat istirahat bis. Menu dan rasa makanan standar lah tapi tetep, siapa cepat dia dapat. HIDUP REBUTAN.
-       Penginapannya gimana? Standar aja sih, yang 1 rumah buat 15 orang gitu. Yang jadi masalah adalah kamar mandinya cuma 2 dengan kondisi air kecil dan mati-matian. Agar bisa mandi, gue harus bangun jam 3 pagi coy!
-       Yang paling parah lagi, ketika kami mau naik ke Anak Krakatau. Tour guide nya ngga nge-briefing detail soal safety dll. Dia cuma ngasi informasi silahkan naik dan kumpul lagi jam sekian. Udah gitu doang. Akhirnya kami nguping-nguping aja ke provider sebelah buat dapet briefing.
-       Ngga dapet dokumentasi apapun. Demm.
Sedih hatiku pertama kali ikut Open Trip eh ketemunya Pras. Kalau sekarang ketemu Pras lagi, kayanya bakal gue selepat deh dia. Hahhaa..
Biar ngga sedih-sedih amat nih ada oleh-oleh foto-foto yang kami ambil sendiri :








Masih ngga kapok, selang setahun kami coba lagi ikut Open Trip kali ini ke Pulau Pahawang Lampung. Providernya *an* j***ney. Kalau nyari di google pasti nemu deh itu provider trip nya konsisten bawa trip setiap weekend.
Daftar dosanya apa? Yah ngga sebanyak si Pras tadi sih, tapi lumayan bikin gedek juga kak :
-       Pertama soal waktu sih, duh paling sebel sama keberangkatan yang ngga ON TIME. Jadi ngaret kemana-mana karena nungguin 1-2 orang.
-   Penginapannya standar sih, yang bikin emosi adalah kamar mandinya. Kenapa? Karena kamar mandinya harus nimba dari sumur dulu sister. Mbok dari awal itu diinfoin ke kita kalau disana mandinya di sumur, jadi kan udah nyiapin mental. Padahal ya, banyak penginapan lain yang lebih ke dekat pantai dan jauh lebih manusiawi. Duh, salah strategi nih ah.
-    Yang terparah adalah si tour guide nya. Doi malah ngajak-ngajak peserta trip buat foto-foto pegang karang, foto sambal karangnya diinjak-injak. Ini ngga termaafkan sih. Gila lu ndrooooo, harusnya anda meng-edukasi peserta trip lah ini malah dia yang ngajak.
-       Ngga dapat dokumentasi pun.
Ini sedikit foto-foto waktu di Pulau Pahawang dari kamera kami sendiri :








Udah kapok belum? Oh, belum. Nih terbaru waktu kami ke Pulau Pari. Provider nya udah terkenal banget, kalau kita searching mau kemana pasti nama dia muncul di paling atas. Namanya ******ng ****ta.
Nah, kalau si “ini” nih yang bikin emosi jiwa bukan dari trip nya, tapi dari service nya. Selama chat sama admin sih, dia bagus banget service nya. Responnya cepat, ditanya ini itu dia balas dengan baik, permasalahan muncul ketika udah sampai di Pulau Pari. Kami dikasih tour guide yang mana orangnya itu yang bawa kapal sekaligus guide. Jadi gimana? Yaa dia kalau ditanya bagusnya ini kemana, atau kemana setelah ini dia ngga ngasih rekomendasi apa-apa. Intinya kami kaya anak ilang di Pulau Pari, mau kesana-kesini nanya sama orang lain.
Si tour guide ini juga suka ngilang tanpa ngasih kabar, handphone nya pun sering ditinggal dirumah, jadi kalau mau nelpon dia eh yang ngangkat istrinya. Dokumentasi pun ngga ada sama sekali, katanya kameranya dia rusak, akhirnya yaa kami pakai kamera sendiri lagi deh. Waktu kami snorkeling, tour guide nya di kapal aja, jagain kapal bukannya jagain kami. Oh Tuhan, kenapa sihhhh..






Sampai sekarang masih penasaran sih, masih belum pernah dapat provider yang sesuai keinginan banget. Masih eksplorasi lagi, cari-cari referensi lagi. Tetep semangat!
Intinya sih, kalau ikut Open Trip itu yaa jangan terlalu tinggi ekspektasi nya deh. Mesti banyak sabar, biar bisa nikmatin liburannya, nah baru setelah pulang kita kasih mereka complain segambreng. Ahahaha. *ketawa puas*
Jadi, kalau teman-teman ada rekomendasi provider trip yang oke, boleh lho diinfo. Siapa tau cocok dan jadi langganan. Yee kan!

XOXO,
Traveloog



Powered by Blogger.