Travel : Akhirnya, ke Tangkuban Perahu (lagi)..

Iya, akhirnya gue dan suami jalan-jalan ke Tangkuban Perahu pas liburan natal tahun lalu, setelah berkali-kali gagal merencanakan kesana. Gue mau cerita dulu perjuangan selama perjalanan menuju Tangkuban Perahu yaa..

Jadi, gue dan suami berangkat tanggal 25 Desember 2014 dari terminal Depok jam 05.45 pagi, naik bis MGI tujuan Depok-Bandung. Memang sih, kami sudah menyiapkan diri bahwa itu hari libur nasional dan sadar diri bahwa akan macet luar biasa terutama di Bekasi. Hahahaa.. Perjalanan keluar tol Bekasi-Cikampek aja memakan waktu 2 jam lho, jadi kami sampai Bandung itu jam 11.30. Gilaaaa kaaannn setengah hari sendiri mau ke Bandung doang. Gue udah nahan pipis sepanjang jalan dan udah ketiduran trus kebangun lagi juga masih belum sampai. *pijet-pijet betis*

Sampai di terminal Leuwipanjang, kami naik bis Damri tujuan Leuwipanjang-Ledeng. Dan, tentu saja macet lagi. Kami sampai di Ledeng sekitar jam 13.00-an, lalu nyambung angkot kecil L300 menuju Lembang. Alhamdulilahnya, supir angkotnya lewat jalan pintas, kami dibawa lewat jalan kampung dan keluar masuk perumahan yang belum pernah gue lihat sebelumnya. Karena kalau lewat jalur utama, kapan nyampenya broh?? Kami turun di pasar Lembang dan makan siang dulu. Lalu kami lanjut naik angkot warna kuning menuju Tangkuban Perahu jurusan Lembang-Cikole.



Kami sengaja nginep di deket Tangkuban Perahu, biar bisa istirahat dulu dan besok paginya baru ke naik ke Tangkuban Perahu. Kami nginep di Hotel Jayagiri, yang jaraknya sekitar 10 menit dari Tangkuban perahu. Oia, kami sampai di hotel sekitar jam 16.00-an. Rate hotelnya 150ribu-250ribu tergantung ambil kamar apa. Kalau gue kemarin kamar standar dan gue (sedikit) tidak merekomendasikan hotel ini sih huhuuhu.. Bersih sih, tapi kasurnya spreinya sobek, kamar mandinya sempit, dan engga dapet sarapan, plus air panasnya on-off sesuka hati. Jadi kebayang deh dinginnya mandi disana kaya gimana. Nilai plusnya dari hotel ini, staffnya helpfull dan informatif. Hotel ini lokasinya agak masuk ke gang, kalau mau nyari makanan dan jajanan mesti jalan dulu ke bawah, agak rempong kalau buat gue yang doyan jajan.

Malem harinya, staff hotelnya datang ke kamar kami nawarin untuk nganter ke Tangkuban Perahu pakai motor. Setelah nego ketat, kami kena harga per orang 100ribu dengan tujuan hotel-naik Tangkuban Perahu-ditunggu-turun lagi ke hotel-dan dianter sampai Lembang karena kami langsung check out. Menurut gue, itu MURAH dan hemat waktu, kenapa? karena kalau gue ngangkot kena jauh lebih mahal dan lamaaaaa bingits. Besok paginya, kami janjian berangkat jam 07.30 pagi, dan bener masih sepi. Enak banget seger naik motor pagi-pagi dan kanan kiri masih hutan, kaya gini :

Sampai di pintu masuk Tangkuban Perahu, kami bayar tiket masuk per orang 20ribu. 2 staff hotel dan motornya ngga dikenain tarif masuk, karena mereka ngakunya ojeg. hahaahah makasiii loh mang, lumayan kan hemat lagi. Sampai di atas masih jam 08.00-an kurang, ehh ternyata si mang hotelnya ikut jalan-jalan sama kami, buat apa? BUAT FOTO-FOTOIN KAMI. Omaigattt baik amat siii mamangnya.. jadilah kami gak perlu pakai tongsis yang emang patah sama suami gue pas nyampe di Tangkuban Perahu. Kami ngga kemana-mana di Tangkuban Perahu cuma foto-foto di kawah ratu dan makan Indomie di warung (yang harganya nembak). Karena kata mamangnya, objek wisatanya banyak ditutup sejak Tangkuban Perahu aktif lagi beberapa bulan lalu. Ada beberapa sih yang bisa kita kunjungi di Tangkuban Perahu kaya yang kawah dimana kita bisa rebus telor atau rendam kaki di di air hangat, tapi yaitu ditutup. Sayang ya.. Akhirnya kami memutuskan pulang jam 09.00-an gitu. Ternyata ya, di parkiran udah meng-ular, macet dan ditutup. Huwaaaa Alhamdulilah kami berangkat pagi banget jadi ngga perlu kena macet.

Turun dari Tangkuban Perahu, mamang hotelnya ngajak kami ke Kebun Teh di bawah dekat pintu keluar dan kami pun di foto-foto lagi. Haahahaha.. Setelah puas foto, kami pulang ke hotel untuk check out dan lanjut diantar sampai Lembang. Lagi-lagi menuju ke Tangkuban Perahu dari arah Lembang macet banget. Kami pun dibawa lewat jalan kampung yang ternyata nembus di Boscha. Dan sampai deh di tempat angkot Lembang. Kami pun lanjut menuju Setiabudi. Terimakasih yaaa mamang hotel :).

Pelajaran yang bisa diambil dari jalan-jalan ini adalah :


  • Bahwa menuju Bandung itu kalau hari libur macet saudara, jadi bangun dan berangkatlah yang pagi untuk menghindari macet yang luar biasa. 
  • Tangkuban Perahu itu tempat wisata sejuta umat, jadi daripada saudara menghabiskan waktu untuk ngantri masuk, lebih baik berangkatlah yang pagi kalau perlu subuh, karena mereka buka jam 7 kok. Bener deh, ngga enak lho macet dan ngantri untuk parkir masuk Tangkuban Perahu. Selain jalannya nanjak, banyak bis dan rawan kecelakaan. 
  • Kalau ngga bawa kendaraan pribadi, gue sih menyarankan pakai ojeg aja untuk naik. Kenapa? Karena kalau naik angkutan umum atau shelternya ya itu, ikutan kena macet. Terus ongkosnya sama pula. Ughh ogah deh mati gaya di jalan.
  • Jangan pakai high heels/flat shoes yang biasa dipakai di mall. Helloooo nyusahin diri sendiri keles. Banyak batu dan banyak tangga. Gue kemarin nemuin ada cewe pakai high heels dan pakai rok kondangan, ya ampun mba ada kawinan dimana?
  • Kalau mau makan di warungnya, tanya dulu harganya kalau perlu tawar. kalau engga saudara akan kena harga tembak dimana 2 mangkok indomie dihargai 80RIBU. BROHHH.. yaudahlahyaa.. 

Nah, tapi dibalik perjuangan menuju ke Tangkuban Perahu tadi, worth to try kok. Seger, sejuk, adem., dan memanjakan mata. Gue pribadi engga kapok kok kesana, apalagi kalau kawah-kawah yang lain udah dibuka. Jadi, mari doakan semoga Tangkuban Perahu ngga seaktif kemarin, tetap bersih, wisatawannya ngga jorok, dan pedagangnya insyaf untuk ngga ngasih harga nembak lagi. Bilang apa? AAMIIN! See yaa :)

cheers,
siel

yah, beginilah 6 jam di jalan kakakk.. Gempor!

Sepanjang Jalan Raya Tangkuban Perahu. Masih pagi, masih sejuk. 

Menuju Puncak Tangkuban Perahu, karena masih jam 8 an jadi masih sepii..

Mau dapet foto ini aja mesti ngantri kak..

Terimakasih mamang hotel udah fotoin cakep begini..

Kawah Ratu, Tangkuban Perahu


Kebun Teh samping pintu masuk Tangkuban Perahu


Powered by Blogger.