Travel : Menginjakkan kaki di Kupang!

Holaaa.. Yasalam banget deh saya ngga update blog ini udah lama.. Alhamdulilah, salah satu resolusi tahun 2013 saya udah tercoret, yaitu menginjakkan kaki di Kupang.

Saya ke Kupang dalam rangka tugas kantor sebenernya, jadi ngga jalan-jalan sesuka hati sih kemaren. Saya dapet flight pagi dan harus transit dulu di Surabaya kurang lebih satu jam. Seperti sudah dibilang sama sahabat saya, kalo ke Kupang kalo bisa ngga usah pake bagasi di pesawat karena bakal penuh banget. Eh ternyata bener, di kabin pun.. Tas ransel 35 L saya terpaksa ditaro di bawah karena bagasi kabin full! Tips nya : seharusnya masuk pesawat lebih duluan biar bisa naro barang di bagasi kabin.

Sampai di Kupang saya dijemput oleh driver yang disediakan klien. Namanya Pak Arif, beliau orang asli Kupang. Walopun mukanya seram tapi beliau sangat baik, ramah, dan humoris. Saya di Kupang 3 hari. Selama disana yang paling berkesan buat saya adalah keramahan masyarakatnya. Pertama, karena kebiasaan di Jakarta kalo lagi nunggu atau ngantri saya pasti asyik main handphone tapi di Kupang selama beberapa hari dan kedapetan nunggu/antri saya selalu disapa. Ngga cuma sekedar say hello, saya diajak ngobrol mulai dari nanya asal mana, dalam rangka apa, tinggal dimana, curhat sedikit, sampai direferensikan saya harus mengunjungi tempat A,B,C dll di Kupang. Selain itu juga direferensikan tempat beli oleh-oleh yang lengkap dan murah. Dari bahasa tubuh dan cara berbicaranya, keliatan banget si ibu tulus. Kedua, ketika makan di restoran. Pelayannya ramah dan selalu senyum. Hal yang jarang saya dapatkan lagi ketika makan di restoran Jakarta dimana pelayannya senyum selebar gaji. Keliatan kok mana yang kerja pakai hati dan mana yang kerja cuma menjalankan SOP. Ketiga, hampir setiap tempat yang saya datangi orang-orang kupang selalu mengucapkan "terima kasih, kak.. Nanti datang lagi kesini ya, jangan bosan." Atau ketika saya pamit, mereka juga meminta maaf kalau ada pelayanan yang kurang berkenan. Dan saya yakin mereka tulus bilang seperti itu.

Yang unik lagi di Kupang dimana saya baru tahu adalah satu bahwa saya menemukan babi dimana-mana, pun ketika buka pintu rumah. Hohohoo.. Kalau lagi di jalanan, ada babi nyebrang kita harus nunggu mereka nyebrang dan kalau kita nabrak maka kita harus membayar denda. Wih! Kedua, yang membuat saya terkejut adalah harga ayam jauh lebih mahal dibandingkan harga ikan. Tiga hari di kupang sangat puas saya melahap ikan-ikan beraneka varian. Ketiga, kalau hari Minggu semua pertokoan dan restoran tutup sodara-sodara!! Jadi kalau hari Minggu siap-siap aja masak dirumah. Keempat, warung makan yang enak di Kupang kebanyakan yang masak adalah orang Jawa hahaha pantesan lidah saya cocok. Sempat nyoba makanan asli Kupang seperti ikan se'i ternyata saya ngga doyan. Payah banget dah selera saya. Kelima, tingkat kejahatan di Kupang itu tidak didominasi oleh pencurian, kerampokan, atau pembunuhan. Tetapi oleh kecelakaan! Kenapa? Karena kebanyakan warga suka "minum" dan mungkin efek dari "minum" itu yang membuat mereka celaka ketika mengendarai mobil/motor. Saya sempat malu ketika mau turun mobil sibuk bawa tas yang isinya laptop, kata Pak Arif bahkan pintu mobil dibuka aja ngga ada yang berani nyuri. Hihohooo.. Pas di restoran juga, saya selalu memangku tas saya kebiasaan di Jakarta sih.. Eh si Pak Arif bilang, "tenang aja mba, ngga ada yang jambret kok." Baiklah, saya nyerah juga akhirnya.. Dan melanjutkan makan.

Hari terakhir di Kupang saya sempatkan main ke pantai dekat tempat saya menginap. Walaupun sebentar tapi membuat saya bikin janji pada diri sendiri kalau suatu saat saya harus kesini lagi.

Saya belum puas keliling Kupang, mudah-mudahan ada rejeki lagi bisa kesana dan menikmati pantai, laut, yang luarrrrr biasa indah. Yang pasti, yang bakal bikin kangen adalah keramahan masyarakat Kupang yang sudah jarang saya temui di Jakarta ini.

I'll be back, soon!!!


Cheers,
-siel-















Powered by Blogger.