Jangan kalah sama, Kejahatan!!

Akhir-akhir ini kalo ngga terpaksa banget saya menghindari yang namanya naik taksi. Apalagi di malam hari, sekitar jam 20.30-an aja saya udah was-was tuh kalau nyari taksi. Nyari taksi maunya “yang burung biru”, atau “taksi putih” yang pool-nya deket sama rumah saya itu. Pasti kita semua, terutama cewe-cewe ngerasain yang sama deh, ditambah berita-berita yang kita bisa baca langsung dari twitter si korban. Gimana ngga serem kan, udah uang dan benda-benda berharga korban diambil, nyawa juga jadi taruhan yang diancam pakai pisau, dipukul, ditendang dan segala bentuk kekerasan lainnya.
Saya pengen nyeritain pengalaman saya beberapa waktu lalu berkaitan dengan kejahatan di taksi ini walaupun bukan saya korbannya. Jadi waktu itu udah jam 20.30-an, saya dan temen saya melipir ke pom bensin margonda Depok yang pas perempatan Jl. Juanda itu. Kebetulan temen saya kebelet pipis, jadilah dia memarkir mobilnya sembarangan, di depan ATM dan di sebelah mobil teman saya itu ada taksi merah yang merk travel yang biasa ke Bandung itu lho.. Spontan saya bilang ke temen saya, “kayanya perampokan taksi deh..” sambil ngeliat ada mba-mba yang sendirian di dalam atm yang sepi banget. saya ngeliat sekitar pom bensin juga sepi, terus di jok belakang itu penuh. Penuh dalam arti ada ibu-ibu pakai jilbab yang diapit sama dua laki-laki yang gede-gede badannya dan pakai anting. Pas temen saya keluar mobil, semua penumpang taksi itu ngeliat ke temen saya, kalau kata temen saya tatapan si laki-laki itu mengintimidasi. Akhirnya temen saya ngga jadi pipis, dia langsung masuk mobil sambil gemeteran. Saya nanya, “beneran gak sih perampokan?”, temen saya jawab “kayanya iya, siel..”. saya bilang haduh gimana ini, masa udah ngeliat perampokan kita ngga ngelakuin apapun. Mau nelpon polisi, tapi baru nyadar juga saya kalau ngga punya nomernya. Nyari polisi di sepanjang jalan ngga ada sama sekali lho. Tumben!

Temen saya akhirnya nelpon temennya yang polisi, dan bilang kalau kita mencurigai adanya perampokan disitu. Dan jawaban si polisi temen saya itu adalah dia menyuruh temen saya nelpon ke kantornya. Halahh si bapak ngga solutif sama sekali. Singkat cerita si temen pun nelpon reskrim mana gitu, itupun setelah dia nganterin saya pulang. 

Saya berharap banget yang saya lihat salah, dan kalaupun memang kejadian beneran semoga penumpangnya selamat sampai dirumah. Huhuhu sedih dan merasa bersalah banget, merasa ngga bisa melakukan apa-apa gitu buat mereka.. tapi, yaudahlah yaa..
Mungkin beberapa tips ketika kita naik taksi baik siang atau malam dari beberapa artikel yang pernah saya baca bisa membantu sedikit paling ngga membuat keder si supir yang biasanya udah berkomplot sama perampoknya :
Pertama, sebisa mungkin, semepet dan sebutuh-butuhnya kita sama taksi cari taksi yang jelas merknya, yang ngga odong-odong, ingetin nomer taksinya, cek kartu identitas supir dengan muka si supir, sama atau engga.
Kedua, setelah kita cek kartu identitas dan catat nomer taksinya, kabarin orang dekat kita kalau kita naik taksi jenis A, nomernya sekian, supirnya si A. Kalau saya selain ngasih tau orang rumah dan pacar, biasanya saya posting di twitter. Dan segera kunci pintu.
Ketiga, jangan mau dilewatin jalan yang ngga biasanya kita lewatin. Pengalaman saya sih, kemanapun saya mau pergi naik taksi, saya yang nentuin jalannya. Saya bilang sama supirnya, kalau saya mau ke tujuan A dan lewatnya jalan blablabla. Kalau si bapak bilang lewat jalan blabla tadi macet, dan dia menawarkan alternative jalan lain kalau pernah dan tahu jalannya gpp lanjutin aja, kalau ngga kenal mending keukeuh kena macet kan daripada dibawa ke jalan yang gak jelas. Saya sendiri sih kalau udah begitu nanya sama teman saya yang ahli banget sama jalan tikus Jakarta ini. Hebat deh dia! (promosi abis). Atau kalau handphone kita dilengkapi GPS, nyalain aja GPS nya..
Keempat, percayalah pada insting diri sendiri. Ada kan perasaan yang munculnya tiba-tiba kalau kita merasa –akan ada sesuatu yang terjadi atau ngga beres- karena kalau saya, suka tuh muncul insting-insting seperti itu, yang ditandai dengan deg-degan tiba, gelisah, ngga nyaman dan ujung-ujungnya turun aja dari angkot atau taksi. 
Kelima, kalau saya suka iseng “pura-pura nelpon”, jadi ceritanya saya bapaknya kerja sebagai polisi. Jadi terjadilah pembicaraan seperti ini : “papa masih di kantor? Ohh sekarang lagi meeting di Polda ya pa? aku lagi di taksi nih pa, menuju blablabla.. naik taksi blabla nanti aku sms ya nomernya.. papa bisa jemput aku ngga nanti?” yaa gitulah.. at least, si supir pasti ngira saya anaknya polisi.. nyahahahaaha
Keenam, jangan lupa berdoa yaaa, semoga Tuhan selalu melindungi kita dari bahaya dimanapun dan kapanpun. 

Semoga pengalaman dan sedikit tips diatas bisa meminimalisir kejahatan di sekitar kita.. tetap waspada yaa kawan-kawan..

Cheers, 
-siel-

Powered by Blogger.